Fungsi Rumus SUM, AVERAGE, MAX, MIN dan COUNT Pada Excel
Fungsi rumus SUM, AVERAGE, MAX, MIN dan COUNT Pada Excel adalah sebagai rumus dasar yang tersedia dalam tombol perintah Autosum pada tab Formula di Ribbon. Berikut kegunaan rumus-rumus tersebut.
Rumus Excel | Kegunaan |
SUM | Rumus untuk menjumlahkan data-data/total data |
AVERAGE | Rumus untuk menghitung nilai rata-rata (mean) |
MAX | Rumus untuk menampilkan nilai data terbesar |
MIN | Rumus untuk menampilkan nilai data terkecil |
COUNT | Rumus untuk menghitung banyaknya sel pada range |
PENTING: Penggunaan koma (,) atau semicolon atau (;) dalam FORMULA disesuaikan dengan versi Microsoft Excel dan konfigurasi bahasa pada komputer anda.
Contoh Penggunaan Rumus Dasar pada Microsoft Excel
Fungsi SUM
Fungsi AVERAGE
Dengan menggunakan data sebelumnya diperoleh
Fungsi MIN dan MAX
Fungsi MIN digunakan untuk menghitung nilai minimum dan MAX untuk menghitung nilai maksimum
Fungsi COUNT
Fungsi count berfungsi untuk menghitung banyaknya data.
LATITHAN !!!
Untuk tugas aktivitas ananda silahkan ananda kerjakan latihan dengan meng-KLIK link berikut :
Kerjakan di MS. Excel sesuai dengan lembar kerja yang sudah Bapak berikan
Bagi ananda yang sudah selesai silahkan simpan dengan format nama file NAMA LENGKAP-KELAS contoh : FARID GUSRANDA-73 setelah itu upload atau kirim tugasnya ke link berikut :
0 comments:
Post a Comment